Wakil Ketua DPRD Muaro Jambi Bacakan Pesan Pahlawan Nasional Ir. Soekarno

Gemamujamedia.com – Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi bersama Forkompinda Kabupaten Muaro Jambi menggelar Upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November Tahun 2023.

Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Bupati Muaro Jambi, Sengeti Bukit Cinto Kenang itu dipimpin langsung oleh inspektur upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono, S.Sos., MT.

Hadir dalam kegiatan itu Forkopimda, Asisten Bupati Muaro Jambi, Staf Ahli Bupati Muaro Jambi serta Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, juga pegawai ASN dan Non ASN lingkungan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi.

Dalam peringatan tersebut, wakil Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi, Junaidi ikut menjadi petugas. Dirinya bertugas membacakan pesan dari pahlawan. Adapun pesan dari pahlawan tersebut adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  Sekretariat DPRD Muarojambi Terima Penghargaan Penyerahan DPA Tepat Waktu Dari Pj Bupati Muarojambi

“Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari. Dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncang dunia,” kemudian bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka,” ungkap Junaidi membacakan pesan pahlawan Nasional Ir. Soekarno.

Kemudian Junaidi juga membacakan pesan dari pahlawan Nasional Bung Tomo yang mana pesannya berbunyi”selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih merah dan putih maka selama itu tidak akan kita mau menyerah kepada siapapun juga” ungkapan itu disampaikan bung Tomo di radio pada saat pertempuran menghadapi Inggris di Surabaya pada November 1945.

Baca Juga :  Wakil DPRD Muarojambi Sebut, Dampak Pembangunan Jalan Tol Jambi Betung Dapat Meningkatkan PAD

Menurut dia, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

Katanya, para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

Baca Juga :  DPRD Kabupaten Muaro Jambi Gelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Memperingati HUT Kabupaten Muaro Jambi Ke 24

Pada upacara yang dirangkaikan dengan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan, pembacaan teks Pancasila dan Undang Undang Dasar Tahun 1945, juga dibacakan penyampaian pesan dan kesan oleh para pahlawan nasional antara lain Jendral Soedirman, Ir. Soekarno, Muh. Hatta.

Selain itu, dirinya juga menyerahkan bantuan sosial kepada veteran dan juga keluarga veteran yang ada di Muaro Jambi. (Haykal Sya’bana)

Komentar