Puncak Festival Candi Muaro Jambi, Pj Bupati Bachyuni: Diharapkan Dapat Mengangkat dan Promosikan Wisata

 

GEMAMUJAMEDIA.COM/ Perayaan puncak festival Candi tahun 2023 di Kabupaten Muaro jambiberlangsung meriah.

Perayaan puncak festival Candi ini dilaksanakan di kawasan wisata Danau Gatal, Desa Pematang Kering, Kabupaten Muaro Jambi, Minggu (30/7).

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah menyampaikan, festival Candi tahun 2023 ini memiliki nuansa yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Biasanya, disampaikan dia, pelaksanaan festival Candi dilaksanakan di komplek wisata percandian Muaro Jambi. Namun, pada tahun ini untuk pertama kalinya festival Candi dilaksanakan diluar kawasan cagar budaya nasional Candi Muaro Jambi.

“Namun demikian pelaksanaan festival Candi di kabupaten Muaro Jambi ini, tetap dilatarbelakangi dan tidak terlepas dari kawasan cagar budaya nasional (KCBN) Candi Muaro Jambi,” katanya.

Baca Juga :  Bapeda Suport Para Kafilah Muarojambi Pada MTQ Tingkat Provinsi ke-52 di Sarolangun

Melalui kegiatan festival Candi ini diharapkan, dapat mengangkat dan mempromosikan wisata-wisata yang berada di Kabupaten Muaro Jambi, khususnya semua Candi yang berada di Kabupaten berjuluk Bumi Sailun Salimbai ini.

“Untuk itu kami mohon dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Parekraf melalui Gubernur Jambi agar kegiatan ini semakin meriah kedepan. Mohon support agar wisata yang ada di Kabupaten Muaro Jambi ini semakin maju,” sebutnya.

Pj Bupati Bachyuni juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi serta tamu undangan lainnya dan semua pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan Festival Candi ini.

Baca Juga :  Pj Bupati Muaro Jambi Pantau Pendistribusian Air Bersih pada Warga Kumpeh.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan, festival Candi yang diadakan di setiap tahun ini, tentunya harus terus dievaluasi agar kedepan bisa menjadi agenda festival tingkat Nasional.

“Kita akan merevitalisasi komplek Candi Muaro Jambi ini. kalau ini kita kemas dengan baik akan jadi candi yang mendunia. Waktu ada kunjungan mendikbud kemarin sudah ada dukungan,” ungkapnya.

Candi Muaro Jambi, dikatakan dia, merupakan salah satu wisata sejarah Hindu Budha kebanggaan Indonesia.

Baca Juga :  Pj Bupati Muaro Jambi Berikan Bantuan Kepada Warga Sungai Bahar.

“Diharapkan, lewat festival Candi Muaro Jambi ini bisa memberi dampak positif. Seperti meningkatnya perekonomian masyarakat yang lebih baik,” ujarnya.

Perayaan puncak festival Candi ini dihadiri oleh Gubernur Jambi Al Haris, Pj Bupati Tebo, Pj Bupati Sarolangun, Pj Bupati Muaro Jambi, ketua TP-PKK Muaro Jambi, Anggota DPRD Muaro Jambi, Unsur Forkopimda Muaro Jambi.

Lalu, dihadiri juga oleh Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Camat se- Kabupaten Muaro Jambi, Kepala Desa Pematang Kering dan tokoh masyarakat setempat, masyarakat dari berbagai desa di Muaro Jambi. HVZ

Komentar