Sekda Muarojambi Hadiri Perayaan Wisata Kebun Nanas Tangkit Baru

Gemamujamedia.com Nanas Tangkit Baru Kabupaten Muaro Jambi, resmi mendapatkan sertifikat indikasi geografis dari Kem rn enterian Hukum dan HAM RI. Diserahkan oleh Gubernur Jambi Dr. H. Al Harris, S.Sos., MH., kepada Ketua Masyarakat Perlindungan Indikasi Georafis MPIG, Baso Intan, di Agro Wisata Kebun Nanas Tangkit Baru, Sungai Gelam, Kamis (16/5/2024)

Dalam Perayaannya Sekretaris Daerah Muaro Jambi Budhi Hartono, S.Sos., MT., mewakili Penjabat Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah, SH., MH., mengucapkan “Alhamdulillah, dalam permohonan pendaftaran Indikasi Geografis (IG) Nanas Tangkit Baru Jambi yang telah diumumkan oleh Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) tertanggal 15 November 2022 dan telah diumumkan mulai tanggal 12 Desember 2022 sd 12 Februari 2023. 

Baca Juga :  Temuan BPK, Sebanyak 516 Laptop Senilai Rp 6,4 Miliar di Pemkab Muaro Jambi Lenyap Tak Tentu Rimbanya

Tim Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) melaksanakan pemeriksaan substantif produk IG Nanas Tangkit Baru Jambi dan dinyatakan memenuhi syarat hingga diterbitkan Sertifikasih Indikasi Geogtafis.
Semoga membawa berkah dan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya petani Nanas Tangkit Baru,” kata Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono. sesaat setelah menerima sertifikat.

Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono memaparkan, Nanas Tangkit Baru telah beberapa waktu diupayakan sertifikasinya. Serangkaian tahapan dilakukan bersama Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI. Seperti sosialisasi ke masyarakat dan koordinasi untuk melengkapi dokumen deskripsi yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Pj Bupati Muarojambi Berang, Perintahkan Sekda Segera Beri Tindakan Kepada OPD yang Tidak Hadir Saat Paripurna

“Dengan sertifikat ini, maka Nanas Tangkit Baru secara resmi dan paten diakui sebagai kekayaan hayati asal Desa Tangkit Baru, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Jadi meski dibawa keluar daerah atau ditanam di tempat lain, namanya harus tetap Nanas Tangkit Baru,” jelas Budhi Hartono.

Indikasi Geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan/atau produk yang karena faktor lingkungan geografis, sehingga memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu.

IG dimiliki oleh masyarakat penghasil produk khas wilayah, kepemilikan IG tidak dapat diperjualbelikan, dan IG berlaku selama ke-khasan produk masih terjaga serta perlindungan IG diakui secara internasional dan tercantum dalam Trip`s Agreement dan WTO

Baca Juga :  Ketua DPRD Yuli Setia Bakti Apresiasi Program Jebol Dari Disdukcapil

Manfaatnya antara lain, memperjelas pemberitahuan produk, menghindari praktik persaingan curang, menjamin kualitas produk, membina produsen lokal, dan tentu melestarikan warisan serta sumber daya hayati. “Muaranya adalah pengembangan agrowisata serta peningkatan kesejahteraan para petani,” tutur Sekda.

Gubernur Jambi Al Harris yang hadir pada acara itu, dalam perayaannya menyampaikan ucapan selamat kepada Pemkab Muaro Jambi atas keberhasilan mendapatkan sertifikat indikasi geografis ini.

Nanas Tangkit Baru sendiri dikenal kekhasannya karena hanya dapat tumbuh di Desa Tangkit Baru, Muaro Jambi, Terangnya.(Hykal Sya’bana)

Komentar