Pj Bachyuni Buka MTQ di Kumpeh, Harap Masyarakat Semakin cinta dengan Al-Qur’an

Bupati, Muaro Jambi62 Dilihat

Muaro Jambi — Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, SH., MH., di dampingi Sekretaris Daerah SEKDA Kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono, S.Sos., MT., membuka acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- 51 Tahun 2023 tingkat Kecamatan Kumpeh. Sabtu (1/7) malam.

MTQ ke -51 ini dipusatkan di Desa Sogo, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi itu cukup meriah. Ribuan masyarakat Kumpeh berbondong-bondong mendatangi lokasi.

Baca Juga :  Menjadi bulan-bulanan masyarakat akibat Tambang pasir di jalan lintas timur bertaburan

Hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkompinda, Forkompincam, Usman Khalik anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Bachyuni berharap agar kegiatan MTQ tingkat Kecamatan kumpeh ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya dan bisa menjadi sebagai agenda tahunan Kecamatan.

Dia menyampaikan rasa bangganya terhadap pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Kumpeh yang sangat meriah dengan tema “mewujudkan generasi qur’ani yang berakhakul karimah serta toleran dalam kehidupan beragama”.

Baca Juga :  Wakil Ketua DPRD Muaro Jambi Ahmad Haikal Hadiri Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023

“MTQ ini memiliki peran penting dalam mempromosikan kecintaan masyarakat terhadap Alquran dan menjaga tradisi keagamaan yang ada di Kabupaten Muaro Jambi,” kata Bachyuni.

Bachyuni juga menegaskan bahwa MTQ tingkat kabupaten akan diambil dari pemenang MTQ tingkat kecamatan, sehingga mendorong partisipasi aktif dari semua kecamatan di Kabupaten Muaro Jambi untuk menggelar MTQ di tingkat kecamatan masing-masing.

Baca Juga :  Ahmad Haikal Wakil Ketua DPRD Menghadiri Pengukuhan Adat Melayu Desa Nagasari Kecamatan Mestong

MTQ tingkat kecamatan tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai langkah awal menuju MTQ tingkat kabupaten dan tingkat provinsi yang lebih besar lagi.”Untuk itu MTQ tingkat Kecamatan ini penting dilakukan,’’ katanya.

Dalam kegiatan itu, ditampilkan juga kesenian tradisional asli Kumpeh, yaitu senandung bajolo. Senandung Bajolo atau Senandung Jolo ini biasanya dibawakan diacara-acara tertentu oleh pemain tradisional. HVZ

Komentar